Dwi, Kencana Wulan (2011) PERAN PEMAHAMAN KARAKTERISTIK SISWA CERDAS ISTIMEWA BERBAKAT ISTIMEWA (CIBI) DALAM MERENCANAKAN PROSES BELAJAR YANG EFEKTIF DAN SESUAI KEBUTUHAN SISWA. Jurnal Humaniora, 02 (01). ISSN 2087-1236
|
Text
29 - PSI - Dwi Kencana Wulan - OK-ABSTRACT.pdf Download (6kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini difokuskan kepada pentingnya proses memahami dan menghayati karakteristik siswa Cerdas Istimewa Berbakat Istimewa (CIBI) dengan kebutuhan khusus dalam merencanakan dan melaksanakan proses belajar yang efektif dan mampu memfasilitasi perkembangan kemampuan siswa CIBI secara optimal. Proses pengambilan data dilakukan terhadap para guru siswa kelas akselerasi di SMA Negeri X Bekasi Jawa Barat. Pengambilan data dilakukan secara eksplorasi melalu metode Focus Group Discussin (FGD) dan wawancara yang bertujuan menggali data terkait. Data menunjukkan, pada umumnya guru telah mengetahui bahwa siswa CIBI memiliki karakteristik yang berbeda dalam kemampuan berpikir yang dimiliki dibandingkan siswa lain pada umumnya. Hanya saja, hal ini belum diikuti dengan perencanaan dan pemberian proses belajar yang sesuai kebutuhan siswa CIBI. Hasil penelusuran penulis, terlihat bahwa program akselerasi yang diterapkan bagi siswa CIBI hanya memfasilitasi pengembangan aspek berpikir dan mempercepat penyampaian materi yang diberikan sesuai kurikulum, sedangkan aspek sosial emosional yang dimiliki siswa belum mendapatkan perhatian yang setara.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | 18_Volume 02 / Nomor 01 / April 2011_PERAN PEMAHAMAN KARAKTERISTIK SISWA CERDAS ISTIMEWA BERBAKAT ISTIMEWA (CIBI) DALAM MERENCANAKAN PROSES BELAJAR YANG EFEKTIF DAN SESUAI KEBUTUHAN SISWA |
Subjects: | Language and Culture |
Divisions: | Jurnal Humaniora > Volume 02 / Nomor 01 / April 2011 |
Depositing User: | Mr. Super Admin |
Date Deposited: | 05 Jun 2012 04:04 |
Last Modified: | 31 Jan 2013 03:25 |
URI: | http://eprints.binus.ac.id/id/eprint/12796 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |