INTERVENSI DENGAN PENDEKATAN REEDUKATIF DAN POWER STRATEGY UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU DISIPLIN TEPAT WAKTU DI KALANGAN MAHASISWA KELAS XYZ

Ari, Setyorini and Juni, Anton (2011) INTERVENSI DENGAN PENDEKATAN REEDUKATIF DAN POWER STRATEGY UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU DISIPLIN TEPAT WAKTU DI KALANGAN MAHASISWA KELAS XYZ. Jurnal Humaniora, 02 (01). ISSN 2087-1236

[img]
Preview
Text
59 - PSI - Ari Setyorini 2 - OK-ABSTRACT.pdf

Download (13kB) | Preview
Official URL: http://library.binus.ac.id/Collections/jour...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah ingin menjawab apakah intervensi dengan pendekatan reedukatif dan power strategy mampu meningkatkan perilaku disiplin tepat waktu dikalangan mahasiswa pada kelas XYZ. Metodologi yang dilakukan adalah dengan menggunakan metode intervensi dengan pendekatan reedukatif dan power strategy dengan melibatkan 55 mahasiswa pada kelas XYZ yang duduk pada semester tiga pada suatu universitas swasta. Intervensi yang dilakukan adalah dengan memberikan pembelajaran ulang tentang pentingnya perilaku kedisiplinan tepat waktu dengan menggunakan agen perubahan dosen pada mata kuliah tersebut yang mempunyai power yang cukup besar bagi para mahasiswa tersebut. Frekuensi rata-rata keterlambatan mahasiswa sebelum dilakukannya intervensi adalah 16 orang (29.09%) menjadi 4 orang (7.27%) setelah intervensi sehingga terjadi penurunan angka keterlambatan sebesar 21.82%. Hal yang menyebabkan keberhasilan ini salah satunya dipengaruhi oleh keunggulan sistem intervensi yang diajukan antara lain dapat mengubah pola pikir target terkait perilaku terlambat masuk kelas, dengan adanya edukasi pada masa sosialisasi, dapat membuat target sadar terhadap pentingnya disiplin internal.

Item Type: Article
Additional Information: 18_Volume 02 / Nomor 01 / April 2011_INTERVENSI DENGAN PENDEKATAN REEDUKATIF DAN POWER STRATEGY UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU DISIPLIN TEPAT WAKTU DI KALANGAN MAHASISWA KELAS XYZ
Subjects: Language and Culture
Divisions: Jurnal Humaniora > Volume 02 / Nomor 01 / April 2011
Depositing User: Mr. Super Admin
Date Deposited: 05 Jun 2012 04:04
Last Modified: 01 Feb 2013 07:08
URI: http://eprints.binus.ac.id/id/eprint/12798

Actions (login required)

View Item View Item