TEXT RELATIONSHIP DALAM JEJARING SOSIAL DI KALANGAN DEWASA MUDA (Studi Awal dengan Pendekatan Fenomenologis)

Esther, Widhi Andangsari (2011) TEXT RELATIONSHIP DALAM JEJARING SOSIAL DI KALANGAN DEWASA MUDA (Studi Awal dengan Pendekatan Fenomenologis). Jurnal Humaniora, 02 (01). ISSN 2087-1236

[img]
Preview
Text
56 - PSI - Esther Widi - OK-ABSTRACT.pdf

Download (6kB) | Preview
Official URL: http://library.binus.ac.id/Collections/jour...

Abstract

Penelitian ini merupakan studi awal mengenai jejaring sosial dan relasi teks (text relationship) di kalangan dewasa muda. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi atau gambaran mengenai text relationship yang dilakukan melalui jejaring sosial. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Fenomena penggunaan jejaring sosial untuk menjalin relasi dengan orang lain semakin marak dilakukan saat ini terutama dikalangan dewasa muda. Mencermati situasi ini, ada perubahan pola interaksi yang terjadi yang dahulunya merupakan interaksi fisik atau tatap muka kemudian seiring dengan perkembangan teknologi atau akses internet, terciptalah interaksi yang dilakukan secara online tanpa harus tatap muka. Yang mengherankan, interaksi online dan tanpa tatap muka ini ternyata sangat digemari. Melalui studi awal ini diperoleh hasil bahwa jejaring sosial menjadi sarana untuk sharing emosi, pendapat secara terbuka antar individu yang terlibat. Relasi teks lewat jejaring sosial juga membutuhkan nuansa emosi yang digantikan secara elektronik namun tetap saja sifatnya virtual bukan emosi yang sesungguhnya. Selain itu, relasi teks dalam jejaring sosial tetap membuka ruang untuk dilakukannya pertemuan secara tatap muka.

Item Type: Article
Additional Information: 18_Volume 02 / Nomor 01 / April 2011_TEXT RELATIONSHIP DALAM JEJARING SOSIAL DI KALANGAN DEWASA MUDA (Studi Awal dengan Pendekatan Fenomenologis)
Subjects: Language and Culture
Divisions: Jurnal Humaniora > Volume 02 / Nomor 01 / April 2011
Depositing User: Mr. Super Admin
Date Deposited: 05 Jun 2012 04:04
Last Modified: 01 Feb 2013 06:33
URI: http://eprints.binus.ac.id/id/eprint/12800

Actions (login required)

View Item View Item