Wing, Ispurwanto and Vany, Widya Pricillia (2011) ANALISIS KEPUASAN PENUMPANG GERBONG KERETA API KHUSUS WANITA MENGGUNAKAN MODEL SERVQUAL. Jurnal Humaniora, 02 (01). ISSN 2087-1236
|
Text
58- PSI - Wing Ispurwanto - OK-ABSTRACT.pdf Download (6kB) | Preview |
Abstract
Untuk mengetahui gambaran kepuasan penumpang wanita terhadap adanya pelayanan kereta api gerbong khusus wanita rute perjalanan Bogor-Jakarta (PP) dilakukan penelitian kuantitatif deskriptif dengan populasi penumpang kereta api. Data diambil dengan angket atau kuesioner sebanyak 80 responden menggunakan teknik incidental sampling sedangkan analisis data yang digunakan model SERVQUAL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan tingkat kepuasan penumpang terhadap pelayanan gerbong khusus wanita berada pada level tidak puas. Hal ini terlihat dari nilai kesenjangan antara persepsi dan harapan yang negatif. Dimensi kualitas pelayanan yang dirasakan tidak puas oleh penumpang yakni dimensi koneksi,reliabilitas,daya tanggap dan bukti fisik. Walaupun demikian ada juga beberapa dimensi kualitas pelayanan yang dirasakan cukup puas oleh penumpang. Dimensi tersebut adalah empati, kemudahan, jaminan dan kenyamanan Dari penelitian ini diperoleh hasil yakni adanya kesenjangan antara harapan dengan persepsi pelayanan dengan nilai sebesar -1,101. Oleh karena itu, disarankan kepada pihak pengelola kereta api untuk meningkatkan pelayanan terhadap penumpang khususnya dimensi pelayanan yang dirasa tidak memuaskan bagi penumpang
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | 18_Volume 02 / Nomor 01 / April 2011_ANALISIS KEPUASAN PENUMPANG GERBONG KERETA API KHUSUS WANITA MENGGUNAKAN MODEL SERVQUAL |
Subjects: | Language and Culture |
Divisions: | Jurnal Humaniora > Volume 02 / Nomor 01 / April 2011 |
Depositing User: | Mr. Super Admin |
Date Deposited: | 05 Jun 2012 04:04 |
Last Modified: | 01 Feb 2013 07:02 |
URI: | http://eprints.binus.ac.id/id/eprint/12802 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |