FILM SEBAGAI MEDIA SOCIAL MARKETING: YASMIN AHMAD BERJUALAN IDE MULTIKULTURALISME

Rosidah, Syaukat and Ekky, Imanjaya (2011) FILM SEBAGAI MEDIA SOCIAL MARKETING: YASMIN AHMAD BERJUALAN IDE MULTIKULTURALISME. Jurnal Humaniora, 02 (01). ISSN 2087-1236

[img]
Preview
Text
67 - MC - Rosidah Syaukat - ok-ABSTRACT.pdf

Download (12kB) | Preview
Official URL: http://library.binus.ac.id/Collections/jour...

Abstract

Film merupakan media penyampai pesan dan alat komunikasi massa. Pernyataan ini acap terdengar bila kita masuk dalam kajian perfilman. Film, dan media pada umumnya, dapat menjadi alat propaganda yang ampuh. Dilihat sebagai suatu media, film dapat digunakan sebagai media untuk mempromosikan kesadaran masyarakat terhadap isu-isu kebaikan. Pertanyaannya: sejauh mana kita bisa mempertimbangkan film sebagai salah satu media untuk social marketing? Tulisan ini membahas apakah kita dapat mempertimbangkan film sebagai media social marketing. Jika dapat, maka jenis film yang bagaimana dan seperti apa. Peneliti mengambil studi kasus film-film Yasmin Ahmad, sutradara asal Malaysia, untuk menganalisis kandungan social marketing di dalamnya. Semua film Yasmin yang menjadi bahan analisis dalam tulisan ini dengan konsisten mengandung isu multikulturalisme, dengan dibalut dengan kisah cinta atau nilai-nilai kekeluargaan. Semoga artikel ini menjadi semacam studi awal sehingga peneliti lainnya dapat menganalisis sineas dan film-film Indonesia

Item Type: Article
Additional Information: 18_Volume 02 / Nomor 01 / April 2011_FILM SEBAGAI MEDIA SOCIAL MARKETING: YASMIN AHMAD BERJUALAN IDE MULTIKULTURALISME
Subjects: Language and Culture
Divisions: Jurnal Humaniora > Volume 02 / Nomor 01 / April 2011
Depositing User: Mr. Super Admin
Date Deposited: 05 Jun 2012 04:04
Last Modified: 01 Feb 2013 08:12
URI: http://eprints.binus.ac.id/id/eprint/12809

Actions (login required)

View Item View Item