MEMIKIRKAN ULANG BISNIS MODEL BERBASIS DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

Mendiola, B. Wiryawan (2011) MEMIKIRKAN ULANG BISNIS MODEL BERBASIS DESAIN KOMUNIKASI VISUAL. Jurnal Humaniora, 02 (01). ISSN 2087-1236

[img]
Preview
Text
68 - DKV - Mendiola - ok-ABSTRACT.pdf

Download (12kB) | Preview
Official URL: http://library.binus.ac.id/Collections/jour...

Abstract

Desain grafis sebagai seni terapan mulai tumbuh seiring dengan bertumbuhnya dunia usaha di Indonesia yang memerlukan jasa periklanan dan promosi. Meskipun perusahaan berbasis desain dapat dikategorikan perusahaan berbasis jasa, penanganannya tidak dapat serta merta disamakan dengan perusahaan jasa. Perusahaan desain melibatkan dua kutub yang berbeda: rasa (estetika) versus logika, individual versus massa, idealisme versus realita. Untuk membedah usaha desain grafis dalam bentuk entitas bisnis, cara terbaiknya adalah melihatnya dari kacamata bisnis model. Bisnis model adalah representasi sederhana dari realita yang kompleks sebuah bisnis. Tujuan utama dari bisnis model untuk mengomunikasikan mekanisme bisnis kepada semua stakeholders. Tulisan ini memberi insight awal dari komponen model bisnis desain grafis/komunikasi visual dan tantangannya. Diharapkan lahir diskusi dalam bentuk forum yang lebih luas untuk mengembangkan topik ini, sehingga industri desain khususnya desain grafis dapat lebih berkembang di masa depan.

Item Type: Article
Additional Information: 18_Volume 02 / Nomor 01 / April 2011_MEMIKIRKAN ULANG BISNIS MODEL BERBASIS DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Subjects: Language and Culture
Divisions: Jurnal Humaniora > Volume 02 / Nomor 01 / April 2011
Depositing User: Mr. Super Admin
Date Deposited: 05 Jun 2012 04:04
Last Modified: 01 Feb 2013 08:17
URI: http://eprints.binus.ac.id/id/eprint/12810

Actions (login required)

View Item View Item