Johanes, Baptista Permadi (2011) TEKNOLOGI 3D DALAM PROSES PEMBUATAN KOMIK. Jurnal Humaniora, 02 (01). ISSN 2087-1236
|
Text
84 - DKV - Johanes - ok-ABSTRACT.pdf Download (13kB) | Preview |
Abstract
Komik sudah digemari oleh masyarakat sejak tahun 1930. Seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi, tuntutan untuk pembuatan komik pun meningkat. Untuk memenuhi tuntutan tersebut, tidak sedikit komikus yang menghabiskan waktunya untuk menggambar dengan benar sehingga sang komikus tidak lagi memiliki waktu untuk mengulik unsur penting lainnya selain segi teknis. Oleh karena itu akan sangat berguna sekali apabila sang komikus dapat terbantu dengan menggunakan teknologi 3D untuk mempercepat proses teknis sehingga sang komikus bisa mendapatkan waktu lebih untuk mengolah unsur penting lain seperti konsep dan cerita. Data diperoleh dari pembicaraan kepada beberapa komikus baik yang sudah profesional, maupun semi profesional, dimana para komikus ini sudah secara langsung mengalami sendiri permasalahan yang akan dipecahkan. Pemecahan masalah dilakukan dengan menggunakan bantuan software 3D untuk membuat gambar sebuah ruangan yang terdistorsi, Lalu dua orang calon komikus profesional akan mencoba menggambar ruangan terdistorsi tersebut dengan cara men-trace hasil dari software 3D untuk melihat seberapa banyak waktu yang diperlukan untuk menggambar bagian yang seharusnya sulit apabila dikerjakan secara tradisional
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | 18_Volume 02 / Nomor 01 / April 2011_TEKNOLOGI 3D DALAM PROSES PEMBUATAN KOMIK |
Subjects: | Language and Culture |
Divisions: | Jurnal Humaniora > Volume 02 / Nomor 01 / April 2011 |
Depositing User: | Mr. Super Admin |
Date Deposited: | 05 Jun 2012 04:04 |
Last Modified: | 01 Feb 2013 09:41 |
URI: | http://eprints.binus.ac.id/id/eprint/12822 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |