PIRAMIDA: PENINGGALAN KARYA SENI DUNIA DARI WILAYAH BARAT HINGGA TIMUR (BAGIAN I)

Hanny, Wijaya (2011) PIRAMIDA: PENINGGALAN KARYA SENI DUNIA DARI WILAYAH BARAT HINGGA TIMUR (BAGIAN I). Jurnal Humaniora, 02 (01). ISSN 2087-1236

[img]
Preview
Text
80 - Hanny Wijaya_PIRAMIDA_setting-ABSTRACT.pdf

Download (13kB) | Preview
Official URL: http://library.binus.ac.id/Collections/jour...

Abstract

Ada sebuah istilah yang menyatakan bahwa manusia belajar dari masa lalu untuk mencapai masa depan yang lebih baik. Berdasarkan pada pemahaman itulah maka manusia mempelajari sejarah. Para ilmuwan mempelajari sejarah dari berbagai bangunan dan benda peninggalan dari kebudayaan di masa lalu. Salah satu bangunan bersejarah adalah bangunan piramida. Selama ini banyak yang kurang mengetahui bahwa sesungguhnya bangunan piramida hanya merupakan bentuk dasar semata, karena ketika mereka mendengar kata ‘piramida’, maka yang diketahui secara umum adalah piramida Mesir. Padahal sesungguhnya piramida banyak bentuk lainnya dan tersebar hampir di seluruh penjuru dunia. Beberapa negara yang tercatat memiliki peninggalan bersejarah berupa piramida selain Mesir antara lain adalah Mesopotamia, Mesir, Sudan, Nigeria, Yunani, Spanyol, Cina, Meksiko, Amerika Utara, Italia, India dan Indonesia. Pada pembahasan bagian pertama ini, kita akan membahas mengenai piramida Mesir dan Mesopotamia merupakan peninggalan tertua dari kebudayaan barat di dunia. Penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan mengenai piramida lebih spesifik dan pembaca mampu untuk membedakan fungsi dan bentuk dari masing-masing piramida dari berbagai bangsa di dunia.

Item Type: Article
Additional Information: 18_Volume 02 / Nomor 01 / April 2011_PIRAMIDA: PENINGGALAN KARYA SENI DUNIA DARI WILAYAH BARAT HINGGA TIMUR (BAGIAN I)
Subjects: Language and Culture
Divisions: Jurnal Humaniora > Volume 02 / Nomor 01 / April 2011
Depositing User: Mr. Super Admin
Date Deposited: 05 Jun 2012 04:04
Last Modified: 01 Feb 2013 09:16
URI: http://eprints.binus.ac.id/id/eprint/12826

Actions (login required)

View Item View Item