HIRARKHI VISUAL SEBAGAI FAKTOR KESESATAN KONSUMEN PADA DESAIN KEMASAN SAMAR IDENTITAS

Julianto, Julianto (2011) HIRARKHI VISUAL SEBAGAI FAKTOR KESESATAN KONSUMEN PADA DESAIN KEMASAN SAMAR IDENTITAS. Jurnal Humaniora, 02 (01). ISSN 2087-1236

[img]
Preview
Text
32 - DKV - Julianto - OK-ABSTRACT.pdf

Download (13kB) | Preview
Official URL: http://library.binus.ac.id/Collections/jour...

Abstract

Kemasan samar identitas adalah kemasan yang tidak memberikan informasi secara jelas tentang isi dari produk yang dikemasnya, dalam hal ini ditujukan khusus kepada produk kebutuhan rumah tangga/produk konsumsi, kerap ditemui sehari-hari, lebih jelas lagi ketika anda sedang berbelanja di supermarket, sensasi visualnya sangat mempesona mata, dari warna, gambar dan bentuknya mampu menghentikan pandangan calon konsumen pada kemasan yang’menggoda’, hal itu memang disebabkan kualitas estetikanya baik, namun kenyataannya banyak desain kemasan lalai dalam memberikan persepsi ‘segera’ terhadap identitas isi dari produk yang dikemasnya, masalah ini menjadi krusial karena bisa menyesatkan atau salah persepsi bagi pelihat, dengan mengambil contoh secara acak produk yang beredar dimasyarakat, mencoba memaparkan dan menganalisa sederhana melalui prinsip Desain Komunikasi Visual, berharap hasilnya akan mengingatkan para desainer lebel kemasan lebih menyadari akan fungsi komunikasi yang tertuang dalam media kemasan, untuk memberikan informasi spesifik dengan memperhatikan hirarkhi visual untuk menghasilkan identitas yang jelas terhadap produk yang dikemas.

Item Type: Article
Additional Information: 18_Volume 02 / Nomor 01 / April 2011_HIRARKHI VISUAL SEBAGAI FAKTOR KESESATAN KONSUMEN PADA DESAIN KEMASAN SAMAR IDENTITAS
Subjects: Language and Culture
Divisions: Jurnal Humaniora > Volume 02 / Nomor 01 / April 2011
Depositing User: Mr. Super Admin
Date Deposited: 05 Jun 2012 04:04
Last Modified: 31 Jan 2013 04:26
URI: http://eprints.binus.ac.id/id/eprint/12846

Actions (login required)

View Item View Item