SEGMENTASI PASAR PENYEDIA JASA LOGISTIK (THIRD PARTY LOGISTICS) DI INDONESIA

Darjat, Sudrajat (2010) SEGMENTASI PASAR PENYEDIA JASA LOGISTIK (THIRD PARTY LOGISTICS) DI INDONESIA. Jurnal Binus Business Review, 01 (02). ISSN 2087-1228

[img]
Preview
Text
04.Darjat Sudrajat_setting-ABSTRACT.pdf

Download (15kB) | Preview
Official URL: http://library.binus.ac.id/Collections/jour...

Abstract

Segmentasi pasar adalah hal mendasar dalam strategi pemasaran dan langkah awal penyusunan strategi berbasis pasar, dapat memperkuat efisiensi pemasaran serta menciptakan peluang-peluang pertumbuhan penjualan dan keuntungan. Hal ini pun berlaku pada segmentasi pasar penyedia jasa logistik (TPL - Third Party Logistics), pasar yang sangat berkembang dalam dekade terakhir ini sehingga para penyedia jasa logistik dapat mengembangkan strategi pemasarannya dengan baik. Adapun maksud penelitian ini adalah memperoleh suatu pemahaman yang lebih baik terhadap industri-industri yang berbeda yang ada sekarang dan memetakan kebutuhan-kebutuhan jasa logistik dari pelanggan TPL. Berdasarkan riset ekplorasi yang dilakukan, maka dapat ditemukan kesesuaian-kesesuaian yang berhubungan dengan industri logistik dari beberapa perusahaan, yaitu kesesuaian pada kompleksitas aktivitas logistik dari beberapa perusahaan dan derajat penyertaan perusahaan jasa logistik pihak ketiga dalam melakukan aktivitas tersebut. Segmentasi pasar penyedia jasa logistik dapat didasarkan pada variabel kompleksitas aktivitas logistiknya yaitu tinggi, sedang atau rendah dan variabel derajat penyertaan perusahaannya apakah minor, mayor, atau integrated/total. Perusahaan-perusahaan dalam industri yang berbeda dapat mempunyai keperluan jasa logistik yang sama dan perusahaan-peusahaan dalam industri yang sama dapat mempunyai keperluan jasa logistik yang berbeda. Perusahaan-perusahaan pelanggan penyedia jasa logistik yang penanganan produknya tergolong semi kompleks merupakan segmen pelanggan yang paling menarik untuk dipenetrasi. Industri-industri yang tergolong ke dalam segmen ini adalah otomotif, makanan dan minuman, pakan ternak, keramik, dan perkebunan.

Item Type: Article
Additional Information: 12_Volume 01 / Nomor 02 / November 2010_SEGMENTASI PASAR PENYEDIA JASA LOGISTIK (THIRD PARTY LOGISTICS) DI INDONESIA
Subjects: Economic, Business, Management and Information System
Divisions: Jurnal Binus Business Review > Volume 01 / Nomor 02 / November 2010
Depositing User: Mr. Super Admin
Date Deposited: 05 Jun 2012 04:53
Last Modified: 31 Jan 2013 04:47
URI: http://eprints.binus.ac.id/id/eprint/13111

Actions (login required)

View Item View Item