PROGRAM APLIKASI OPTIMALISASI PERENCANAAN PRODUKSI DENGAN METODE GOAL PROGRAMMING (KASUS CV. G)

Zahedi, Zahedi and I, Wayan Aditya Eka Putera (2010) PROGRAM APLIKASI OPTIMALISASI PERENCANAAN PRODUKSI DENGAN METODE GOAL PROGRAMMING (KASUS CV. G). Jurnal ComTech, 01 (01). ISSN 2087-1244

[img]
Preview
Text
9_MAT_Zahedi_Perancangan Program Aplikasi Optimalisasi_ok-ABSTRACT.pdf

Download (14kB) | Preview
Official URL: http://library.binus.ac.id/Collections/jour...

Abstract

Indonesia sampai saat ini masih menjadi negara agraris. Maka dari itu pertanian di Indonesia selalu memperoleh perhatian lebih oleh pemerintah. Banyak program dari pemerintah yang digulirkan untuk mendukung kemajuan pertanian Indonesia, dan salah satunya adalah subsidi pupuk untuk petani-petani Indonesia. Pupuk sendiri sangatlah berguna untuk menyuburkan tanah serta memberikan vitamin kepada tanaman, sehingga dapat meningkatkan jumlah produksi yang dihasilkan. Maka dari itu pupuk sangatlah diperlukan bagi pertanian di Indonesia. CV. G merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi pupuk. Pupuk yang diproduksi oleh perusahaan ini adalah pupuk organik dan pupuk anorganik. Permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan ini adalah didalam perencanaan produksi pupuk yang dihasilkan. Perusahaan ingin mengoptimalkan jumlah produksi masing-masing pupuk, memaksimalkan pendapatan, meminimalkan biaya produksi, dan sekaligus mengoptimalkan jam kerja karyawan. Untuk dapat memenuhi tujuan-tujuan tersebut, dirancang suatu paket program dengan menggunakan metode goal programming. Metode goal programming mampu memberikan solusi yang efektif / setimbang terhadap tujuan-tujuan yang telah ditetapkan, dan dalam perhitungannya akan dibantu dengan menggunakan metode simpleks yang telah dimodifikasi. Metode ini merupakan perluasan dari linear programming, di mana linear programming hanya mampu memecahkan masalah dengan tujuan tunggal sedangkan goal programming mampu memecahkan masalah dengan tujuan berganda.

Item Type: Article
Additional Information: 8_Volume 01 / Nomor 01 / June 2010_PROGRAM APLIKASI OPTIMALISASI PERENCANAAN PRODUKSI DENGAN METODE GOAL PROGRAMMING (KASUS CV. G)
Subjects: Computer Science
Divisions: Jurnal ComTech > Volume 01 / Nomor 01 / June 2010
Depositing User: Mr. Super Admin
Date Deposited: 05 Jun 2012 04:53
Last Modified: 28 Jan 2013 07:37
URI: http://eprints.binus.ac.id/id/eprint/13116

Actions (login required)

View Item View Item