PENGAJARAN DIALEK DAERAH DALAM PENGAJARAN BIPA PENTING ATAU TIDAK PENTING?

Melania, Wiannastiti (2010) PENGAJARAN DIALEK DAERAH DALAM PENGAJARAN BIPA PENTING ATAU TIDAK PENTING? Jurnal Humaniora, 01 (02). ISSN 2087-1236

[img]
Preview
Text
14 ING - Melania-ABSTRACT.pdf

Download (13kB) | Preview
Official URL: http://library.binus.ac.id/Collections/jour...

Abstract

Dialek yang didefinisikan sebagai variasi bahasa yang dibedakan atas dasar lafal, tata bahasa dan kosa kata, terutama yang bebeda dari bahasa standar budaya tertentu, menjadi salah satu isu yang menarik dalam pengajaran bahasa Indonesia, karena setiap daerah di Indonesia menggunakan Bahasa Indonesia yang pasti mempunyai dialek yang berbeda. Orang asing belajar Bahasa Indonesia dinyatakan berhasil pada level tertentu dalam pembelajaran Bahasa Indonesia ketika mereka sudah mampu berkomunikasi dalam bahasa Indonesia kepada penutur aslinya. Namun pada kenyatannya mereka mengalami kendala ketika berkomunikasi secara langsung dengan penutur asli karena adanya dialek yang digunakan oleh penutur aslinya. Sering kali dialek ini tidak dimengerti oleh penutur asing karena perbedaan kosa kata, sususan kalimat, dan singkatan singkatan-singkatan.Paper ini akan mengupas kelebihan dan kelemahan pengajaran dialek dalam pengajaran Bahasa Indonesia dan saran apakah dialek tertentu penting digunakan dalam pengajaran Bahasa Indonesia atau tidak.

Item Type: Article
Additional Information: 18_Volume 01 / Nomor 02 / October 2010_PENGAJARAN DIALEK DAERAH DALAM PENGAJARAN BIPA PENTING ATAU TIDAK PENTING?
Subjects: Language and Culture
Divisions: Jurnal Humaniora > Volume 01 / Nomor 02 / October 2010
Depositing User: Mr. Super Admin
Date Deposited: 05 Jun 2012 04:53
Last Modified: 29 Jan 2013 08:47
URI: http://eprints.binus.ac.id/id/eprint/13180

Actions (login required)

View Item View Item