PERILAKU KERJA GURU BIMBINGAN KONSELING LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN TINGKAT SLTA DI JAKARTA

Esther, Widhi Andangsari (2010) PERILAKU KERJA GURU BIMBINGAN KONSELING LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN TINGKAT SLTA DI JAKARTA. Jurnal Humaniora, 01 (01). ISSN 2087-1236

[img]
Preview
Text
06_ Esther-ABSTRACT.pdf

Download (13kB) | Preview
Official URL: http://library.binus.ac.id/Collections/jour...

Abstract

Artikel menggambarkan perilaku kerja di kalangan para guru BK SLTA di Jakarta khususnya dalam peran mereka sebagai konselor di sekolah, apakah perilaku kerja mereka memenuhi kualifikasi atau kompetensi yang ditetapkan oleh pemerintah?, khususnya kualifikasi empati dan persuasi dalam konseling. Selain itu, penelitian juga ingin melihat perbedaan perilaku kerja guru BK laki-laki dan perempuan dalam menjalankan profesi mereka sebagai seorang konselor. Sehingga diharapkan dari penelitian ini muncul keseriusan dari pihak sekolah untuk memprioritaskan pemilihan dan pengembangan diri guru BK tersebut. Dengan menggunakan metode asesmen alat ukur DISC terhadap 68 guru BK yang terdiri atas 14 guru BK laki-laki dan 54 guru BK perempuan, diketahui bahwa perilaku kerja guru BK di Jakarta memenuhi kualifikasi yang ditetapkan oleh pemerintah sebagai konselor sekolah ada 26,47%, yaitu kualifikasi empati sekaligus persuasi yang baik. Antara guru BK perempuan dan guru BK laki-laki ternyata sama-sama memiliki kualitas empati yang baik. Bahkan, guru BK laki-laki lebih baik dalam mengarahkan para siswa secara persuasif daripada guru BK perempuan yang berperilaku komunikasi dominan. Secara keseluruhan, penelitiani menghasilkan 13 style perilaku kerja.

Item Type: Article
Additional Information: 4_Volume 01 / Nomor 01 / April 2010_PERILAKU KERJA GURU BIMBINGAN KONSELING LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN TINGKAT SLTA DI JAKARTA
Subjects: LANGUAGES
Divisions: Jurnal Humaniora > Volume 01 / Nomor 01 / April 2010
Depositing User: Mr. Super Admin
Date Deposited: 05 Jun 2012 04:53
Last Modified: 01 Feb 2013 08:02
URI: http://eprints.binus.ac.id/id/eprint/13184

Actions (login required)

View Item View Item