APAKAH PERSONAL INITIATIVE MAHASISWA DAPAT DIKEMBANGKAN DENGAN MATA KULIAH CHARACTER BUILDING?

Antonina, Pantja Juni Wulandari (2010) APAKAH PERSONAL INITIATIVE MAHASISWA DAPAT DIKEMBANGKAN DENGAN MATA KULIAH CHARACTER BUILDING? Jurnal Humaniora, 01 (01). ISSN 2087-1236

[img]
Preview
Text
07_juni-ABSTRACT.pdf

Download (6kB) | Preview
Official URL: http://library.binus.ac.id/Collections/jour...

Abstract

Personal initiative adalah perilaku aktif yang mengarah pada hasil pekerjaan, dipengaruhi oleh aspek self-starting, proaktif, dan kegigihan dalam mengatasi berbagai rintangan. Artikel memaparkan cara mendapatkan efektivitas mata kuliah Character Building terhadap peningkatan personal initiative. Penelitian menggunakan metode uji beda kelompok. Kelompok yang dibandingkan adalah mahasiswa yang sudah mengikuti mata kuliah Character Building dan mahasiswa yang belum mengikuti mata kuliah Character Building sebanyak 103 orang. Alat ukur yang digunakan berupa kuesioner dan menggunakan skala perbedaan sematik, jumlah kuesioner sebanyak 43 item. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mata kuliah Character Building tidak terbukti efektif meningkatkan personal initiative. Kemungkinan pertama, perubahan yang terjadi pada mahasiswa yang telah mengikuti mata kuliah Character Building tidak teridentifikasi dalam personal initiative, melainkan dalam berkurangnya perilaku buruk yang terjadi di dalam kampus. Kemungkinan kedua, kemampuan berinisiatif diperoleh melalui pendidikan dan pengalaman hidup dari masa anak-anak hingga dewasa. Hal ini sejalan dengan temuan bahwa keikutsertaan dalam berorganisasi, grade masuk, pekerjaan orangtua, dan jurusan SMA ada kaitannya dengan personal initiative.

Item Type: Article
Additional Information: 4_Volume 01 / Nomor 01 / April 2010_APAKAH PERSONAL INITIATIVE MAHASISWA DAPAT DIKEMBANGKAN DENGAN MATA KULIAH CHARACTER BUILDING?
Subjects: LANGUAGES
Divisions: Jurnal Humaniora > Volume 01 / Nomor 01 / April 2010
Depositing User: Mr. Super Admin
Date Deposited: 05 Jun 2012 04:53
Last Modified: 02 Feb 2013 04:24
URI: http://eprints.binus.ac.id/id/eprint/13185

Actions (login required)

View Item View Item