Romanus, Ndau Lendong (2010) INOVASI BIROKRASI DAN OPTIMALISASI PELAYANAN PUBLIK: BELAJAR DARI JEMBRANA, BALI. Jurnal Humaniora, 01 (02). ISSN 2087-1236
|
Text
10 MCM - Romanus Ndau-ABSTRACT.pdf Download (13kB) | Preview |
Abstract
Kabupaten Jembrana menempati posisi yang strategis dalam menjaga keberadaan Bali sebagai bangunan budaya dan peradaban. Keberagaman suku dan agama menyebabkan Jembrana ibarat ‘Bali lain’, yakni sosok Bali yang lebih dinamis dan kompromis. Jembrana kini tampil memukau setelah kurang lebih sepuluh tahun berbenah diri. Tulisan ini hendak mengedepankan betapa strategisnya inovasi birokrasi dalam mengoptimalisasi pelayanan publik. Kebijakan pendidikan dan kesehatan gratis yang dijalankan secara konsisten oleh Pemda Jembrana ternyata menjadi ujung tombak daerah ini dalam mencapai traget Millenium Development Goals (MDG’s). Prof. Dr. I Gede Winasa, Bupati Jembrana saat ini merupakan tokoh di balik kisah sukses Negeri Makepung ini. Latar belakangnya sebagai akademisi dan relasi luas dengan lembaga-lembaga dana internasional menjadi amunisi penting untuk mewujudkan obsesinya membebaskan rakyat Jembrana dari jeratan kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan. Di tengah terpuruknya bangsa ini karena kemiskinan dan kebodohan, apa yang dilakukan pemerintah daerah Jembrana merupakan terobosan yang patut ditiru.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | 18_Volume 01 / Nomor 02 / October 2010_INOVASI BIROKRASI DAN OPTIMALISASI PELAYANAN PUBLIK: BELAJAR DARI JEMBRANA, BALI |
Subjects: | Language and Culture |
Divisions: | Jurnal Humaniora > Volume 01 / Nomor 02 / October 2010 |
Depositing User: | Mr. Super Admin |
Date Deposited: | 05 Jun 2012 04:53 |
Last Modified: | 28 Jan 2013 09:29 |
URI: | http://eprints.binus.ac.id/id/eprint/13205 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |