PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM MEJA GAMBAR DENGAN METODE XY-TABLE 2 SUMBU MENGGUNAKAN MOTOR STEPPER DAN EMC (ENHANCED MACHINE CONTROL)

Jimmy, Linggarjati and Arif, Aldiansyah and Daniel, Sutanto (2009) PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM MEJA GAMBAR DENGAN METODE XY-TABLE 2 SUMBU MENGGUNAKAN MOTOR STEPPER DAN EMC (ENHANCED MACHINE CONTROL). Jurnal Teknik Komputer, 17 (02). ISSN 0853-6732

[img]
Preview
Text
01 - Jimmy Linggarjati-Perancangan dan Implementasi Sistem Meja Gambar dengan metode XY Table - OK-ABSTRACT.pdf

Download (13kB) | Preview
Official URL: http://library.binus.ac.id/Collections/jour...

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk menghasilkan sistem meja gambar dengan metode XY-table 2 sumbu dan implementasi perangkat lunak EMC. Penelitian dilakukan pada fitur-fitur EMC yang dapat digunakan untuk menggambar objek-objek sederhana dan mengintegrasikannya dengan Modul Driver L297 dan L298 untuk mengendalikan Motor Stepper. EMC digunakan karena bersifat open-source, dan terus dikembangkan oleh banyak ahli diseluruh dunia. Selain itu EMC menggunakan standarisasi RS-274NGC yang banyak digunakan sebagai bahasa pemrograman mesin-mesin CNC. Metode penelitian yang digunakan selama penyusunan skripsi ini adalah metode kepustakaan, penelitian laboratorium dan rekayasa. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa sistem dapat bekerja sesuai dengan input yang diberikan. Objek-objek sederhana yang dapat digambar antara lain bujur sangkar, segitiga, lingkaran dan huruf kapital A sampai Z. Kecepatan sistem untuk menggambar sebuah objek dapat di atur dan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan gambar tersebut sesuai dengan input. Sistem Meja Gambar ini dapat dikembangkan lebih lanjut lagi dengan menambahkan sumbu Z atau untuk implementasi selain yang telah diteliti.

Item Type: Article
Additional Information: 8_Volume 17 / Nomor 02 / August 2009_PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM MEJA GAMBAR DENGAN METODE XY-TABLE 2 SUMBU MENGGUNAKAN MOTOR STEPPER DAN EMC (ENHANCED MACHINE CONTROL)
Subjects: Computer Science
Divisions: Jurnal Teknik Komputer > Volume 17 / Nomor 02 / August 2009
Depositing User: Mr. Super Admin
Date Deposited: 05 Jun 2012 04:54
Last Modified: 28 Jan 2013 06:03
URI: http://eprints2.binus.ac.id/id/eprint/13301

Actions (login required)

View Item View Item