Afan, Galih Salman and Yen, Lina Prasetio (2011) IMPLEMENTASI JARINGAN SYARAF TIRUAN RECURRENT MENGGUNAKAN GRADIENT DESCENT ADAPTIVE LEARNING RATE AND MOMENTUM UNTUK PENDUGAAN CURAH HUJAN. Jurnal ComTech, 02 (01). ISSN 2087-1244
|
Text
19 - Teknik Informatika - Afan Galih - OK-ABSTRACT.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
03_TI Afan Galih & Yen Lina -Set-ABSTRACT.pdf Download (13kB) | Preview |
Abstract
Teknologi artificial intellegence, khususnya jaringan syaraf tiruan (JST), dapat dilakukan dalam pendugaan curah hujan dengan metode pendekatan pembelajaran. Keakuratan hasil prediksi JST diukur berdasarkan koefisien determinasi (R2) dan root mean square error (RMSE). Penelitian ini menerapkan JST Recurrent Elman yang teroptimasi secara heuristik untuk pendugaan curah hujan berdasarkan peubah el-nino southern oscilation (ENSO): angin, southern oscillation index (SOI), sea surface temperatur (SST) dan outgoing long wave radiation (OLR) dengan studi kasus daerah Bongan Bali. Optimasi pembelajaran heuristik yang dilakukan pada dasarnya adalah pengembangan kinerja algoritma pembelajaran gradient descent standar menjadi algoritma pelatihan, yaitu gradient descent adaptive learning rate and momentum. Pola input data yang digunakan sangat berpengaruh terhadap kinerja JST Recurrent Elman dalam proses pendugaan. Kelompok data pertama (75% data pelatihan dan 25% data uji) menghasilkan R2 maksimum 74,6% sedangkan kelompok data kedua (50% data pelatihan dan 50% data uji) menghasilkan R2 maksimum 49,8%.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | 6_Volume 02 / Nomor 01 / June 2011_IMPLEMENTASI JARINGAN SYARAF TIRUAN RECURRENT MENGGUNAKAN GRADIENT DESCENT ADAPTIVE LEARNING RATE AND MOMENTUM UNTUK PENDUGAAN CURAH HUJAN |
Subjects: | Information Technology |
Divisions: | Jurnal ComTech > Volume 02 / Nomor 01 / June 2011 |
Depositing User: | Mr. Super Admin |
Date Deposited: | 05 Jun 2012 04:54 |
Last Modified: | 31 Jan 2013 03:16 |
URI: | http://eprints.binus.ac.id/id/eprint/13439 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |