A TEACHING MATERIAL DEVELOPMENT FOR DEVELOPING STUDENTS’ INTUITIVE THINKING THROUGH REACT CONTEXTUAL TEACHING APPROACH

Agus, Sukmana and Wahyudin, Wahyudin (2011) A TEACHING MATERIAL DEVELOPMENT FOR DEVELOPING STUDENTS’ INTUITIVE THINKING THROUGH REACT CONTEXTUAL TEACHING APPROACH. Jurnal Mat Stat, 11 (02). ISSN 1412-1220

[img]
Preview
Text
01_Agus Sukmana_OK-ABSTRACT.pdf

Download (13kB) | Preview
Official URL: http://library.binus.ac.id/Collections/jour...

Abstract

Perkembangan ilmu dan teknologi berdampak pada meningkatnya tuntutan masyarakat terhadap kompetensi matematika lulusan perguruan tinggi. Hal tersebut berpengaruh pada tujuan pembelajaran matematika di perguruan tinggi, yang harus dapat mendorong mahasiswa agar memiliki keterampilan untuk memahami dan menyelesaikan masalah matematika dalam konteks disertai dengan sikap positif terhadap matematika. Penelitian ini mengkaji peran intuisi pada pemahaman dan pemecahan masalah probabiltas dalam konteks, kemudian dikembangkan bahan ajar untuk mengembangkan kemampuan tersebut. Hasil penelitian menemukan bahwa intuisi berperan dalam belajar matematika terutama pada proses pemahaman dan pemecahan masalah probabiltas yang menjadi fokus penelitian ini. Ada indikasi pembelajaran kontekstual dengan strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) dapat mengembangkan kemampuan berpikir intuitif mahasiswa meskipun harus dikonfirmasi melalui penelitian lanjutan.

Item Type: Article
Additional Information: 3_Volume 11 / Nomor 02 / July 2011_A TEACHING MATERIAL DEVELOPMENT FOR DEVELOPING STUDENTS’ INTUITIVE THINKING THROUGH REACT CONTEXTUAL TEACHING APPROACH
Subjects: MATHEMATICS & STATISTICS
Divisions: Jurnal Mat Stat > Volume 11 / Nomor 02 / July 2011
Depositing User: Mr. Super Admin
Date Deposited: 05 Jun 2012 04:54
Last Modified: 28 Jan 2013 07:40
URI: http://eprints.binus.ac.id/id/eprint/13694

Actions (login required)

View Item View Item