MERANCANG AKTIVITAS PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN STUDENT CENTER LEARNING: CASE STUDY MATA KULIAH SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

Lydiawati, Kosasih Asalla (2011) MERANCANG AKTIVITAS PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN STUDENT CENTER LEARNING: CASE STUDY MATA KULIAH SISTEM INFORMASI MANAJEMEN. Jurnal Humaniora, 02 (01). ISSN 2087-1236

[img]
Preview
Text
12 - SI - Lydiawati Kosasih-ABSTRACT.pdf

Download (12kB) | Preview
Official URL: http://library.binus.ac.id/Collections/jour...

Abstract

Artikel ini akan membahas teori tentang pembelajaran siswa aktif yang terkait dengan pembelajaran dalam kelas, penerapannya di dalam kelas, dan best practice terkait aktivitas pembelajaran di kelas untuk meningkatkan pembelajaran siswa aktif. Ada beberapa aktivitas yang dapat dilakukan dalam proses belajar mengajar yang dapat mendukung terjadinya pembelajaran siswa aktif, di antaranya adalah diskusi grup. Beberapa keuntungan dari terciptanya diskusi grup yang efektif adalah dari diskusi yang dilakukan di antara sesama mahasiswa akan meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi yang dibahas, dan meningkatkan terjalinnya hubungan sosial diantara mereka, hal ini akan berdampak positif baik terhadap proses pembelajaran yakni meningkatnya constructivism knowledge dan individu pribadi mahasiswa khususnya dari sisi perilaku sosial. Namun demikian mengimplementasikan group discussion yang efektif merupakan tantagan tersendiri untuk pengajar khususnya ketika implementasi di kelas yang relatif besar jumlah siswanya.

Item Type: Article
Additional Information: 18_Volume 02 / Nomor 01 / April 2011_MERANCANG AKTIVITAS PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN STUDENT CENTER LEARNING: CASE STUDY MATA KULIAH SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Subjects: Language and Culture
Divisions: Jurnal Humaniora > Volume 02 / Nomor 01 / April 2011
Depositing User: Mr. Super Admin
Date Deposited: 05 Jun 2012 04:55
Last Modified: 29 Jan 2013 04:32
URI: http://eprints.binus.ac.id/id/eprint/13800

Actions (login required)

View Item View Item