PROFILING KECERDASAN EMOSIONAL MAHASISWA

Antonina, Pantja Juni Wulandari (2011) PROFILING KECERDASAN EMOSIONAL MAHASISWA. Jurnal Humaniora, 02 (01). ISSN 2087-1236

[img]
Preview
Text
21 - PSI - Antonina Yuni - OK-ABSTRACT.pdf

Download (12kB) | Preview
Official URL: http://library.binus.ac.id/Collections/jour...

Abstract

Artikel melihat gambaran kecerdasan emosional mahasiswa. Kecerdasan emosi menentukan potensi kita untuk mempelajari keterampilan-keterampilan praktis yang didasarkan pada: kesadaran diri, pengaturan diri, motivasi, empati, ketrampilan sosial. Dari kelima ketrampilan tersebut dapat digolongkan menjadi dua ketrampilan yaitu kecakapan pribadi dan kecakapan sosial. Kecakapan pribadi adalah kecakapan hasil belajar yang didasarkan pada kecerdasan emosi yang menentukan bagaimana kita dapat mengelola diri sendiri. Sedangkan kecakapan sosial adalah kecakapan yang menentukan bagaimana kita menangani suatu hubungan dengan orang lain. Hasil penelitan dapat disimpulkan bahwa tingkat kecerdasan emosi mahasiswa masih perlu ditingkatkan karena tidak ada satupun yang mempunyai score tinggi, terutama yang perlu mendapat perhatian khusus adalah empatinya karena sebagian besar memilik score yang rendah.

Item Type: Article
Additional Information: 18_Volume 02 / Nomor 01 / April 2011_PROFILING KECERDASAN EMOSIONAL MAHASISWA
Subjects: Language and Culture
Divisions: Jurnal Humaniora > Volume 02 / Nomor 01 / April 2011
Depositing User: Mr. Super Admin
Date Deposited: 05 Jun 2012 04:55
Last Modified: 30 Jan 2013 06:02
URI: http://eprints2.binus.ac.id/id/eprint/13822

Actions (login required)

View Item View Item