ANAK DAN RUANG BERMAIN: TELAAH TERHADAP BEBERAPA PENELITIAN BERBASIS AFFORDANCES

Fredy Bobby S., John (2011) ANAK DAN RUANG BERMAIN: TELAAH TERHADAP BEBERAPA PENELITIAN BERBASIS AFFORDANCES. Jurnal CompAct, 02 (02). ISSN 2087-1244

Full text not available from this repository.
Official URL: http://library.binus.ac.id/Collections/journal_det...

Abstract

Kemampuan anak merespon sesuatu berbeda dari orang dewasa. Jika arsitek mendesain kaki tugu dengan lengkungan yang indah, anak akan meresponnya sebagai ‘prosotan’. Bila arsitek mendesain kolam air sebagai elemen estetis dari sebuah kawasan tugu, anak kembali meresponnya dengan berbeda, yaitu sebagai tempat untuk mandi/berenang dan bermain, bukan untuk keindahan. Fenomena apa ini? dan bagaimana kita dapat memahami ini dengan baik? Kisah di atas semakin meyakinkan kita bahwa antara manusia dewasa dan anak mempunyai konsep yang berbeda terhadap sebuah bangunan atau ruang. Dengan pendekatan kajian pustaka secara deksriptif, artikel ini menelaah beberapa penelitian yang berbasis affordances. Dari beberapa penelitian yang dipaparkan, terlihat bahwa affordances tidaklah cukup untuk memahami mengapa anak bermain pada ruang bermain informal. Pendekatan semiotika dapat membantu untuk lebih memahami anak bermain di ruang informal.

Item Type: Article
Additional Information: 8_Volume 02 / Nomor 02 / December 2011_ANAK DAN RUANG BERMAIN: TELAAH TERHADAP BEBERAPA PENELITIAN BERBASIS AFFORDANCES
Subjects: Computer Science
Divisions: ?? journal_6 _8_Volume-02--Nomor-02--December-2011 ??
Depositing User: Mr. Super Admin
Date Deposited: 11 Dec 2012 13:22
Last Modified: 11 Apr 2013 02:54
URI: http://eprints.binus.ac.id/id/eprint/14655

Actions (login required)

View Item View Item