A TEACHING MATERIAL DEVELOPMENT FOR DEVELOPING STUDENTS’ INTUITIVE THINKING THROUGH REACT CONTEXTUAL TEACHING APPROACH

Sukmana, Agus and Wahyudin, Wahyudin (2011) A TEACHING MATERIAL DEVELOPMENT FOR DEVELOPING STUDENTS’ INTUITIVE THINKING THROUGH REACT CONTEXTUAL TEACHING APPROACH. Jurnal Mat Stat, 11 (02). ISSN 1412-1220

Full text not available from this repository.
Official URL: http://library.binus.ac.id/Collections/journal_det...

Abstract

Perkembangan ilmu dan teknologi berdampak pada meningkatnya tuntutan masyarakat terhadap kompetensi matematika lulusan perguruan tinggi. Hal tersebut berpengaruh pada tujuan pembelajaran matematika di perguruan tinggi, yang harus dapat mendorong mahasiswa agar memiliki keterampilan untuk memahami dan menyelesaikan masalah matematika dalam konteks disertai dengan sikap positif terhadap matematika. Penelitian ini mengkaji peran intuisi pada pemahaman dan pemecahan masalah probabiltas dalam konteks, kemudian dikembangkan bahan ajar untuk mengembangkan kemampuan tersebut. Hasil penelitian menemukan bahwa intuisi berperan dalam belajar matematika terutama pada proses pemahaman dan pemecahan masalah probabiltas yang menjadi fokus penelitian ini. Ada indikasi pembelajaran kontekstual dengan strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) dapat mengembangkan kemampuan berpikir intuitif mahasiswa meskipun harus dikonfirmasi melalui penelitian lanjutan.

Item Type: Article
Additional Information: 3_Volume 11 / Nomor 02 / July 2011_A TEACHING MATERIAL DEVELOPMENT FOR DEVELOPING STUDENTS’ INTUITIVE THINKING THROUGH REACT CONTEXTUAL TEACHING APPROACH
Subjects: MATHEMATICS & STATISTICS
Divisions: ?? journal_10_3_Volume-11-Nomor-02-July-2011 ??
Depositing User: Mr. Super Admin
Date Deposited: 17 Dec 2012 08:16
Last Modified: 11 Apr 2013 03:03
URI: http://eprints2.binus.ac.id/id/eprint/15778

Actions (login required)

View Item View Item