INOVASI BIROKRASI DAN OPTIMALISASI PELAYANAN PUBLIK: BELAJAR DARI JEMBRANA, BALI

Ndau Lendong, Romanus (2010) INOVASI BIROKRASI DAN OPTIMALISASI PELAYANAN PUBLIK: BELAJAR DARI JEMBRANA, BALI. Jurnal Humaniora, 01 (02). ISSN 2087-1236

Full text not available from this repository.
Official URL: http://library.binus.ac.id/Collections/journal_det...

Abstract

Kabupaten Jembrana menempati posisi yang strategis dalam menjaga keberadaan Bali sebagai bangunan budaya dan peradaban. Keberagaman suku dan agama menyebabkan Jembrana ibarat ‘Bali lain’, yakni sosok Bali yang lebih dinamis dan kompromis. Jembrana kini tampil memukau setelah kurang lebih sepuluh tahun berbenah diri. Tulisan ini hendak mengedepankan betapa strategisnya inovasi birokrasi dalam mengoptimalisasi pelayanan publik. Kebijakan pendidikan dan kesehatan gratis yang dijalankan secara konsisten oleh Pemda Jembrana ternyata menjadi ujung tombak daerah ini dalam mencapai traget Millenium Development Goals (MDG’s). Prof. Dr. I Gede Winasa, Bupati Jembrana saat ini merupakan tokoh di balik kisah sukses Negeri Makepung ini. Latar belakangnya sebagai akademisi dan relasi luas dengan lembaga-lembaga dana internasional menjadi amunisi penting untuk mewujudkan obsesinya membebaskan rakyat Jembrana dari jeratan kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan. Di tengah terpuruknya bangsa ini karena kemiskinan dan kebodohan, apa yang dilakukan pemerintah daerah Jembrana merupakan terobosan yang patut ditiru.

Item Type: Article
Additional Information: 18_Volume 01 / Nomor 02 / October 2010_INOVASI BIROKRASI DAN OPTIMALISASI PELAYANAN PUBLIK: BELAJAR DARI JEMBRANA, BALI
Subjects: Language and Culture
Divisions: ?? journal_34_18_Volume-01-Nomor-02-October-2010 ??
Depositing User: Mr. Super Admin
Date Deposited: 17 Dec 2012 08:16
Last Modified: 11 Apr 2013 04:12
URI: http://eprints.binus.ac.id/id/eprint/15921

Actions (login required)

View Item View Item