KAJIAN VISUALISASI IKLAN LAYANAN MASYARAKAT “SUMPAH PEMUDA\"

Riyadi, Tunjung (2011) KAJIAN VISUALISASI IKLAN LAYANAN MASYARAKAT “SUMPAH PEMUDA\". Jurnal Humaniora, 02 (01). ISSN 2087-1236

Full text not available from this repository.
Official URL: http://library.binus.ac.id/Collections/journal_det...

Abstract

Menonton iklan televisi berarti menerima pesan dan memahami arti pesan dari tayangan tersebut. Dengan durasi yang cukup pendek, penonton dihadapkan pada persoalan tentang pemahaman beragam aspek. Aspek pertama adalah yang keterjangkauan oleh indera mata dan kemudian indera telinga dan berlanjut kepemahaman makna dan sekaligus pertimbangan rasa. Semiotika menjadi salah satu pendekatan pemahaman iklan televisi dimana iklan itu sendiri sebagai bagian besar sistem penanda informasi. Dari yang sifatnya sekedar informasi hingga proses upaya “merayu” penonton dalam hal ini adalah calon konsumen ijka iklan tersebut bersifat komersial. Pesan menjadi lain jika tidak bersifat komersial. Tidak ada tujuan akhir berupa penjualan produk, tetapi sekedar menyampaikan pesan bersifat positif. Hal inilah yang akan dikaji dari iklan layanan sosial televisi yang bertema sumpah pemuda. Kajian tersebut difokuskan pada aspek kemudahan memahami bahasa visual adegan demi adegan dari iklan layanan masyarakat tersebut

Item Type: Article
Additional Information: 18_Volume 02 / Nomor 01 / April 2011_KAJIAN VISUALISASI IKLAN LAYANAN MASYARAKAT “SUMPAH PEMUDA\"
Subjects: Language and Culture
Divisions: ?? journal_34_18_Volume-02-Nomor-01-April-2011 ??
Depositing User: Mr. Super Admin
Date Deposited: 30 May 2013 17:33
Last Modified: 03 Jun 2013 06:28
URI: http://eprints2.binus.ac.id/id/eprint/26680

Actions (login required)

View Item View Item